Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

Selamat datang diartikel saya kali  kita akan belajar tentang peran produk olahan sabut kelapa yang mempunyai segudang manfaat dan kegunaan pada kehidupan sehari -hari,Simak sejarahnya berikut!

Sejarah Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

Cocopeat adalah media tanam organik yang terbuat dari serbuk sabut kelapa. Cocopeat memiliki kemampuan menyerap dan menyimpan air yang cukup tinggi dibandingkan dengan tanahdan juga bisa digunakan sebagai  cocomesh jaring sabut kelapa.

Penggunaan cocopeat berpotensi mengurangi penggunaan humus. Bahan organik seperti cocopeat memiliki pori-pori dan tekstur rumah , sehingga memudahkan air, udara dan sinar matahari masuk ke dalam tanah.

Peran Produk Olahan Sabut Kelapa

Bahan dan Alat:

  • Air
  • Pisau
  • Blender
  • Saringan
  • MOL

 Cara Membuat Cocopeat  Secara Mudah:

  1. Basahi sabut kelapa Setelah mendapatkan sabut kelapa, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiram sabut kelapa. Gunakan sabut kelapa sesuai kebutuhan. Basahi sabut kelapa agar tidak terlalu keras saat dipotong. Setelah dibasahi, sabut kelapa siap dipotong kecil-kecil.
  2. Keringkan potongan sabut kelapa Setelah dipotong kecil-kecil, keringkan potongan sabut kelapa agar lebih mudah digiling selama beberapa jam. Setelah kering dan kering, sabut kelapa bisa dihaluskan.
  3. Haluskan Untuk menghaluskan sabut kelapa, Anda bisa menumbuknya secara manual atau menggunakan blender hingga halus.
  4. Saring sabut kelapa Ayak atau saring sabut kelapa yang sudah diblender agar lebih halus. Setelah selesai, masukkan ke dalam wadah atau toples bekas. Sisa ayakan atau sabut kelapa yang masih kasar bisa dihaluskan lagi dengan blender atau dibuat MOL sabut kelapa.
  5. Sabut kelapa ini banyak mengandung unsur K yaitu kalium yang dapat membantu untuk proses pembuahan. Cocopeat dapat digunakan untuk penyemaian beberapa jenis tanaman sayuran dan buah-buahan.  Campurkan sabut kelapa yang ditumbuk halus dengan MOL.
  6. Kelapa yang ditumbuk halus atau sabut cocopeat direndam dalam air campuran MOL selama 1 hari. Tahi lalat yang digunakan adalah campuran 1 liter air yang ditambahkan dengan 50 cc urin kelinci dan 100 cc air cucian beras.
  7. Tanaman Merambat yang Cepat Tumbuh Aduk agar semuanya tercampur rata, lalu tutup dan simpan di tempat teduh selama 1 hari. Cara perendaman ini bertujuan untuk menambah nutrisi pada media tanam, dan tentunya hasil dari penyemaian akan lebih baik
  8. Saring lagi Setelah 24 jam, saring sabut kelapa atau cocopeat untuk mengurangi air rendaman, tidak perlu terlalu kencang karena sabut kelapa digunakan sebagai media semai. Anda bisa menggunakan sabut kelapa atau cocopeat yang sudah ditiriskan untuk media tanam dan penyemaian.

Berikut beberapa keunggulan cocopeat sebagai media tanam :

1. Peran Produk Olahan Sabut Kelapa Menjadi Teksturnya Seperti Tanah

Bentuk dan tekstur cocopeat menyerupai tanah dan butirannya yang halus membuat tanaman beradaptasi seperti halnya jika ditanam di tanah. Bedanya cocopeat tidak mengandung unsur hara seperti tanah.

2. Keunggulan Cocopeat Yaitu Dapat Menyerap Air dengan Baik

Cocopeat merupakan media tanam yang memiliki daya serap air yang cukup tinggi dan mampu menyimpan air lebih banyak daripada yang ditampung di dalam tanah. Cocopeat dapat menyimpan dan menahan air 10 kali lebih baik dari tanah.

3. Ramah Lingkungan

Karena terbuat dari bahan organik, cocopeat sangat ramah lingkungan dan dapat terdegradasi dengan baik di dalam tanah jika tidak digunakan. Selain itu cocomesh jaring sabut kelapa  juga dapat di daur ulang kembali menjadi media tanam .

4. Lebih Tahan Hama

Beberapa jenis hama seperti hama yang berasal dari dalam tanah tidak suka berada di cocopeat dan hal ini tentunya dapat melindungi tanaman dengan lebih baik dan melindunginya dari serangan hama.

5. Lebih Mudah Untuk Pemula

Menanam tanaman dengan cocopeat sangat disarankan bagi yang baru mulai belajar menanam tanaman secara hidroponik. Cocopeat mudah digunakan saat pertama kali tanam karena bentuk dan teksturnya seperti tanah.

Demikian dari artikel saya semoga bisa menambah pengetahuan anda tentang peran produk olahan sabut kelapa yang berkembang  jaman modern ini ,Semoga berhasil yha sobat.