Perbedaan Minyak Kelapa Dan VCO Yang Sering Orang Tidak Ketahui

Virgin coconut oil (VCO) dan minyak kelapa seringkali di anggap merupakan hal yang sama. Perbedaan minyak kelapa dan VCO terlihat dan sering terdengar, kedua minyak yang ditemukan pada buah kelapa sebenarnya berbeda.

Virgin coconut oil menjaga kebaikan santan dan tidak membiarkannya rusak melalui proses pemanasan minyak kelapa biasa. Hal tersebut dimungkinkan dengan teknologi cold processing sehingga proses ekstraksi santan tidak perlu dipanaskan untuk memastikan kebaikan alaminya tetap terjaga.

Minyak kelapa mendukung fungsi kesehatan sistem tiroid dan endokrin serta meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

Antioksidan yang ditemukan dalam minyak kelapa mengurangi peradangan, dan asam lemak rantai menengah (MCFA) minyak kelapa tidak perlu memecah enzim pankreas. Dengan mengonsumsi minyak kelapa organik, pankreas menjadi lega.

Perbedaan Minyak Kelapa Dan VCO

Minyak kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. Freepik.com

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dari bahan dasar buah kelapa segar. Di buat dengan cara mengambil Minyak yang terkandung dalam Buah Kelapa. Menggunakan metode pendinginan maupun pemanasan.

Minyak Kelapa Murni memiliki kadar air dan asam lemak bebas yang sangat rendah, tidak berwarna (bening/transparan), harum, serta tahan lama.

Virgin Coconut Oil

Kenapa Virgin Coconut Oil Ampuh untuk Diet?

VCO atau Virgin Coconut Oil adalah minyak yang terbuat dari daging kelapa segar. Pembuatan VCO biasanya menggunakan susu rendah, Secara singkat,

Cara membuat virgin coconut oil adalah dengan mengekstrak santan dari daging kelapa, kemudian dilakukan fermentasi atau bisa juga menggunakan enzim, atau bisa juga dilakukan secara mekanik dengan menggunakan centrifuge.

Dengan melihat prosesnya, kita juga bisa membuat VCO sendiri di rumah, bisa menggunakan mesin pembuat VCO juga. Selain untuk keperluan pribadi, pembuatan VCO sendiri juga bisa menjadi sebuah bisnis dengan potensi pasar yang cukup besar.

Virgin coconut oil juga dapat melembabkan dan menutrisi kulit kepala dengan protein esensial dan memperbaiki kerusakan, memberikan kilau alami pada rambut. Sangat banyak manfaat untuk kesehatan, cara mengkonsumsi VCO untuk kesehatan sangat mudah sekali.

Kandungan vitamin E-nya tidak hanya dapat digunakan dalam pembersih wajah, pelembab, dan tabir surya, tetapi juga dapat mengobati berbagai kondisi kulit seperti eksim dan ketombe.

MCFA dalam minyak kelapa mempercepat metabolisme Anda, yang meningkatkan energi dan menstimulasi fungsi tiroid. Kandungan asam laurat yang tinggi dalam minyak kelapa juga membantu jantung dengan menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kolesterol baik.

Berikut ini perbedaan virgin coconut oil dengan minyak kelapa biasa.

1. Metode ekstraksi

Minyak kelapa biasa dibuat dari sari kelapa kering yang disebut kopra. Kopra ditekan, minyak yang diekstraksi dimurnikan, diubah warna dan diputihkan. Proses ini membuatnya layak untuk dikonsumsi, tetapi dapat menghilangkan banyak nilai alaminya.

Sedangkan virgin coconut oil atau VCO diekstrak dari santan segar dengan proses dingin yang menjaga semua unsur alami minyak, aroma dan antioksidannya.

2. Komposisi

Kandungan energi minyak kelapa dan minyak kelapa sama. Namun, karena minyak kelapa biasanya terhidrogenasi, minyak kelapa mengandung sedikit lemak trans. Tapi minyak kelapa tinggi asam lemak rantai sedang, memiliki kolesterol baik dan lemak trans.

3. Penampilan

Meski terlihat mirip, namun minyak kelapa biasa terlihat lebih berwarna. Selain itu, minyak kelapa kurang berminyak dan memiliki viskositas yang lebih ringan.

4. Kemurnian

Virgin coconut oil terbuat dari santan dan memiliki aroma dan rasa yang lebih enak dari yang biasa. Selain itu, minyak kelapa memiliki aroma dan rasa kelapa tropis yang nikmat.

Itulah beberapa perbedaan minyak kelapa dan VCO. Meski terlihat mirip, namum minyak kelapa biasa lebih terlihat berwarna. Dan minyak kelapa biasa agak kurang berminyak dan lebih ringan.