Pertolongan Pertama pada Luka Bakar Bagian 2

  • Luka bakar derajat tiga: Paling berat dan mengenai seluruh lapisan kulit hingga jaringan di bawahnya. Tandanya, tidak ada lagi lepuh dan anak tidak merasa nyeri karena ujung saraf rusak. Area kulit yang terkena berwarna abu-abu dan pucat, letaknya lebih rendah daripada kulit normal. Folikel rambut, kelenjar keringat dan sebasea ikut rusak. Luka bakar yang parah bisa menyebabkan kematian karena hilangnya cairan tubuh dan reaksi inflamasi yang berlebihan. Semakin luas areanya, semakin besar kemungkinan itu terjadi.

Pertolongan Pertama: Lakukan pertolongan sesuai dengan luka bakar derajat dua dalam.

  • Bawa anak ke rumah sakit bila: – Luka bakar termasuk derajat dua atau tiga. – Area luka bakar cukup luas, yaitu lebih dari 15—20% permukaan tubuh. – Luka bakar terjadi di wajah, kepala, tangan, persendian, dan area kelamin. – Luka bakar tampak bernanah, membengkak, dan kulit normal di sekitarnya ikut memerah.
  • Orangtua bisa menelpon atau datang lagi ke dokter di lain hari, bila terjadi: – Luka bakar terinfeksi. – Tidak ada tanda kesembuhan dalam 10 hari. – Anak tampak semakin menderita. – Jika ada kekhawatiran terjadi sesuatu pada anak.

Luka (karena benda tajam, benda tumpul, luka sayat, luka iris, luka lecet, luka dalam, luka bakar).

Perdarahan pada luka ringan akan berhenti sendiri, tetapi perdarahan pada luka berat akan berlangsung terus.

Pertolongan Pertama:

  1. Segera minta orang lain mencari bantuan medis.
  2. Baringkan korban dan angkat bagian yang luka.
  3. Buang setiap benda asing yang mudah diambil, misalnya pecahan kaca. Tapi jangan cabut apa pun yang masih tertancap.
  4. Tekan kuat-kuat bagian luka dengan kain tebal yang empuk. Caranya, satukan kedua sisi tepi luka. Bila masih ada benda yang tertancap hindari tekanan langsung.
  5. Pertahankan tekanan pada luka dengan balutan di sekeliling kain bantalan penutup luka.
  6. Bila bantalan sudah basah dengan darah, jangan dilepas. Tambahkan bantalan baru dan balut lagi dengan kuat.

Untuk anak yang ingin bekerja di luar negeri khususnya di Jerman bisa mengikuti program FSJ di Jerman terpercaya sehingga terjamin kebenarannya.