Pola Pikir Pengusaha Sukses yang Harus Ada

Pengusaha yang sukses sanggup mengalami kesusahan dan kemunduran bisnis sekiranya mereka tidak sanggup sesuaikan diri bersama pertumbuhan zaman. Dalam dua puluh tahun terakhir, peta dunia motivasi bisnis sudah berubah bersama terlampau drastis bersama keberadaan internet. Terlebih, bersama pertumbuhan telepon cerdas didalam sepuluh tahun terakhir.

Pertanyaannya sekarang, sebagai seorang pengusaha, apakah kamu sudah sesuaikan pola pikirmu di masa digital ini?

Pentingnya Menyesuaikan Pola Pikir bersama Perubahan Zaman

Sebagai pengusaha, keberhasilan usahamu cuma dibatasi oleh pola pikirmu sendiri. Caramu hadapi tantangan didalam bisnis, menanggulangi rintangan, dan menjalani masa-masa sukar terlampau terkait pada pola pikirmu.

Tidak sedikit yang menyaksikan pergantian zaman sebagai kendala. Kebanyakan berasal dari mereka sudah terlampau nyaman menjalankan bisnisnya bersama cara yang biasa mereka lakukan. Keengganan ikuti pergantian zaman ini sanggup mencegah pertumbuhan usahamu.

Sebelum adanya pos dan paket pos, misalnya, banyak entrepreneur zaman dulu yang bertahan bersama cuma menanti datangnya pelanggan ke toko mereka. Ada lebih dari satu saja yang berani bereksperimen bersama gunakan paket pos untuk menjual barangnya ke kota dan daerah lain, agar walau toko mereka tidak didatangi banyak pengunjung, dagangan mereka selalu laris.

Pada awal kemunculan internet, banyak entrepreneur yang menyaksikan sebelah mata bakal potensi internet bagi bisnis mereka. Tidak sedikit termasuk yang menganggap internet sebagai batu sandungan, sebab mereka kudu mempelajari hal baru ini. Pengusaha-pengusaha yang sudah berpikir out of the box pada masa itu justru menyaksikan internet sebagai tantangan yang kudu ditaklukkan. Saat ini, hampir semua bisnis gunakan internet untuk mengangkat eksistensi mereka. Yang tidak sanggup ikuti pertumbuhan ini, terpaksa gulung tikar.

Pola Pikir Pengusaha Wajib di Era Digital

Di masa digital ini, entrepreneur kudu terus mengembangkan pola pikirnya agar tidak ketinggalan. Pola pikir entrepreneur yang layaknya apa yang kudu kamu punya agar sanggup berkompetisi di masa digital ini?

Selalu Terbuka pada Perubahan

Salah satu karakteristik utama masa digital adalah pergantian yang terlampau cepat. Kamu kudu terhubung diri pada pergantian ini, terus mempelajari peluang dan kegunaan yang sanggup kamu dapatkan berasal dari perubahan-perubahan ini.

Media sosial, contohnya. Pada awal kemunculannya, sarana sosial ini murni digunakan untuk bersosialisasi, menjalin pertemanan lintas batas. Saat ini, sarana sosial sudah menjadi sarana promosi yang paling masif dan efektif. Banyak sekali bisnis yang gunakan sarana sosial sebagai ajang promosi. Bahkan, tidak sedikit bisnis yang cuma eksis di sarana sosial, tanpa kudu punya toko atau kantor resmi.

Cara melakukan kampanye marketing pun terus berubah selama waktu. Iklan di televisi dan radio, serta di surat kabar, barangkali sudah tidak relevan lagi. Kamu kudu terus mencari wujud dan style promosi yang menarik bagi calon pelangganmu.

Fokus pada Pelanggan

Perilaku costumer di masa digital ini pun sudah banyak berubah. Dulu, sebelum ada internet, costumer jauh lebih sabar. Sekarang, seutuhnya serba instan.

Pelanggan waktu ini selalu mendambakan semuanya serba cepat, setidaknya, mereka sanggup mendapatkan jawaban atau kepastian sesegera mungkin. Selain kudu memuaskan mereka bersama mutu barang atau jasa yang kamu tawarkan, kamu termasuk kudu mencukupi keperluan mereka bakal Info bersama sesegera mungkin.

Kamu termasuk kudu fleksibel didalam menanggulangi permintaan pelanggan. Kebanyakan pelanggan pada waktu pemesanan bakal berikan catatan tambahan atau permintaan yang di luar kebiasaan. Selama kamu sanggup mencukupi permintaan mereka, sebaiknya kamu penuhi. Kalau kamu tidak sanggup mencukupi permintaan mereka, sampaikan alasanmu sejelas mungkin, tanpa bersikap defensif lebih-lebih ofensif.

Kreatif dan Inovatif

Era digital ini termasuk menuntut entrepreneur untuk selalu kreatif dan inovatif, khususnya didalam melangsungkan kampanye marketing. Mulai berasal dari materi kampanye, cara, sampai sarana yang digunakannya.

Yang kamu kudu selalu ingat, bersama kemudahan terhubung toko atau bisnis online, kompetisi menjadi terlampau ketat dan tinggi. Kamu tidak ulang sanggup gunakan cara-cara lama layaknya bermain harga. Kamu kudu terus mencari cara baru agar bisnismu menonjol berasal dari semua kompetitormu.

Integrasikan Semuanya

Calon pelangganmu barangkali terbagi ke didalam lebih dari satu kelompok: pengguna smartphone, pengguna tablet, dan pengguna laptop. Atau pengguna Instagram, pengguna Facebook, dan pengguna Twitter.

Integrasikan semuanya. Kamu kudu hadir di semua platform yang kerap mereka kunjungi. Kalau mereka sudi menghubungi bisnismu untuk bertanya sesuatu, beri mereka pilihan yang luas: messaging melalui semua sarana sosial, plus WhatsApp, dan barangkali Skype.

Cerita, bukan Berita

Dengan kemajuan teknologi dan semakin cepatnya internet, umumnya calon costumer kamu mendapatkan segala Info yang mereka mendambakan berasal dari gadget mereka, entah itu ponsel, tablet, atau laptop. Hampir semua Info yang mereka dapatkan bersifat newsfeed, atau berita, agar bagi mereka hal ini sudah biasa.

Agar kamu sanggup menonjol di internet, kedepankanlah cerita, bukan berita. Ceritakan sistem berdirinya bisnismu. Ceritakan efek berasal dari bisnismu pada lingkungan di sekitarnya. Ceritakan pengalaman pelangganmu disaat berbelanja di tokomu, atau disaat gunakan atau mengonsumsi daganganmu. Cerita-cerita ini bakal lebih menarik perhatian daripada sekadar tagline iklan yang sudah terlampau banyak mereka dengar.

Kamu termasuk kudu punya pola pikir yang proaktif menanggapi ulasan konsumenmu. Ulasan costumer ini, disadari atau tidak, merupakan wujud lain berasal dari cerita tadi, yang di satu sisi sanggup tingkatkan penjualanmu, dan di sisi lain, sanggup termasuk menjatuhkan bisnismu.

Human Touch

Yang menarik berasal dari pertumbuhan di masa digital ini adalah teknologi secanggih apa pun tetap belum sanggup menukar segi human touch. Meskipun kamu sudah mengintegrasikan semua teknologi digital didalam bisnismu, kamu tetap kudu mengedepankan segi manusia, khususnya untuk berinteraksi bersama pelangganmu.

Konsumen tetap dan bakal selalu suka kecuali kamu sanggup mengingat nama atau kisah yang dulu mereka ceritakan kepadamu.

Perluas dan Perkuat Jaringanmu di Dunia Maya

Kamu barangkali cuma punya satu outlet di satu kota kecil. Pasti kamu termasuk punya impian untuk terhubung cabang lain di kotamu, atau di kota lain. Sebelum kamu melakukan itu, ada baiknya kamu perluas dulu jaringanmu di dunia maya. Selain kamu belum kudu mengeluarkan investasi besar, kamu sanggup menguji dulu apakah responnya layaknya yang kamu harapkan.

Nah, sudahkah kamu punya pola pikir entrepreneur yang diuraikan di atas? Bagus, kecuali sudah, dan segera sesuaikan pola pikirmu kecuali belum.