Proses Design Simbol

Tiap pendesain mempunyai langkah masing-masing dalam membuat simbol, bergantung pada rutinitas dan jam terbang. Tetapi pada umumnya, proses pembuatan design simbol corporate dilaksanakan lewat tingkatan sebagai berikut ini:

  1. Pelajari desain brief, yakni deskripsi singkat mengenai client, perusahaan, produk atau layanan, deadline, ketentuan-ketentuan, tekad client, dan lain-lain. Ini bisa dilaksanakan dengan menginterviu client yang selanjutnya hasil interviu dicatat sebagai dasar kerja.
  2. Melangsungkan penelitian dan brainstorming. Saat sebelum mendesain simbol, perlu dimengerti secara baik tipe produk atau profile perusahaan. Sama dengan step pertama, step ini dapat dilaksanakan dengan menginterviu client mengenai tipe usaha/organisasi, keuntungan yang dipunyai, sasaran audience, pesaing, dan sebagainya. Aktivitas ini penting karena bisa menolong pendesain dalam membuat sketsa-sketsa kasar (rough lay-out).
  3. Membuat alternative design. Dari sketsa-sketsa kasar, tentukan beberapa alternative untuk ditingkatkan dan ditingkatkan baik dengan memakai kertas atau langsung memakai computer.
  4. Presentasikan/tunjukkan 3-4 alternative design pada client. Kebanyakan alternative design yang diperlihatkan akan membuat client jadi bingung. Untuk memudahkan penyeleksian, dari 3 alternative design yang diperlihatkan, alternative yang pertama cuman memakai huruf, yang ke-2 berbentuk gambar/lambang, dan design ke-3 sebagai kombinasi huruf dan gambar. Dengan begitu, alternative design lebih efisien untuk tentukan koreksi design.
  5. Koreksi dan pembaruan design (finising touches) yang di sepertikan dengan keinginan client. Step ini kemungkinan dilaksanakan seringkali. Tetapi meski begitu, jangan sampai putus asa dan masih memprioritaskan kepuasan client.
  6. Sesudah disepakati, anda harus mengirim design akhir (final art work) berbentuk hard copy dan soft copy ke client dan terima fee.

Hal yang lain harus diingat, sebagai pendesain, kekuatan dalam pemakaian software seperti Corel Draw, freehand, Adobe Ilustrator, In Desain, dan adobe Photoshop harus terus ditingkatkan mengikut arah perubahan dari software tersebut. Akan tetapi, gagasan web logo gratis dan ide design lebih penting untuk pendesain. computer cuman alat tolong untuk merealisasikan gagasan. Kreativitas masih paling penting. Tuang beberapa ide design ke atas kertas untuk memudahkan pengerjaan. Selanjutnya, dari sketsa-sketsa design itu, diputuskan yang terbaik untuk selanjutnya ditingkatkan dengan computer sampai design akhir.