Proses Pembuatan Gula Merah dari Nira Kelapa Asli

proses pembuatan gula merah dari nira kelapa

Kalian pecinta rasa manis gula merah dan penasaran dengan cara pembuatanya? nah pas banget nih teman – teman pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai proses pembuatan gula merah dari nira kelapa. Pasti sudah penasaran kan? yuk langsung simak saja di bawah ini.

Gula merupakan bahan dapur yang harus ada di setiap rumah, karena gula ini menjadi salah satu dari sembilan kebutuhan wajib dalam rumah tangga. Gula sendiri terdapat beberapa jenisnya salah satunya gula merah, gula ini juga sering di sebut dengan nama gula jawa. Bahan utama dari pembuatan gula merah ini adalah nira pohon kelapa.

Sebenarnya gula merah tidak hanya berasal dari nira pohon kelapa saja, tapi juga dapat dibuat menggunakan nira pohon aren. Nah pohon kelapa dan pohon aren tersebut termasuk ke dalam jenis tanaman keluarga palma, karena hampir semua bagian tubuh dari tumbuhan tersebut dapat di manfaatkan seperti sabutnya.

Mungkin buat kalian yang hidupnya di dareah perkotaan, sangat jarang sekali melihat seseorang memanjat pohon kelapa bahkan malah ada yang tidak terdapat pohon kelapa di lingkungan tempat tinggalnya. Padahal kalau di pedesaan memanjat pohon untuk memanen nira dan melihat proses pembuatan gula merah adalah hal yang sangat biasa. Nah buat kalian yang penasaran dengan cara membuat gula merah, di bawah ini saya jelaskan caranya mulai dari proses pemanenan nira sampai proses pencetakan gulanya.

Proses Pembuatan Gula Merah dari Nira Kelapa Asli

Proses Pemanenan Nira :

Proses pemanenan nira

Pengambilan nira dari pohon kelapa, ternyata juga ada beberapa ketentuan dari pohonya lho teman – teman. Nah pohon kelapa yang sudah bisa di ambil niranya adalah pohon kelapa yang sudah berumur 8 tahun untuk pohon kelapa biasa dan berumur 4 tahun untuk pohon kelapa hybrid. Tidak hanya itu saja, Pohon kelapa yang bisa di ambil niranya juga harus sudah menghasilkan tiga tandan bunga yang baru membuka atau mekar dan tandan termuda atau terakhir panjangnya sudah mencapai 20 cm.

  1. Langkah pertama jika kalian ingin mengambil nira pohon kelapa adalah ambillah nira dari bagian tandan yang belum mekar seludangnya, dengan cara memukul – mukul secara perlahan pada bagian tangkai bunganya. Kemudian tunggulah sekitar 3 – 4 hari baru boleh disadap niranya, hal tersebut bertujuan untuk memudahkan mengeluarkan nira.
  2. Selanjutnya balutlah seludang pohon kelapa menggunakan tali, usahakan mulai dari bagian ujung ke bagian pangkalnya hal tersebut agar bunga tidak mekar. Kemudian rundukkan mayang pohon kelapa secara perlahan – lahan hingga posisinya ber sudut 60° dengan garis vertikal. Kalau sudah, iklatlah menggunakan tali agar posisinya tetap seperti itu tidak berubah.
  3. Langkah selanjutnya potonglah kurang lebih sekitar 10 cm pada bagian ujung mayang yang mau disadap niranya dengan menggunakan pisau tajam. Kemudian tunggulah hingga satu minggu dan niranya pun sudah bisa keluar.
  4. Sebelum diolah, Tambahkan 1 sendok makan kapur sirih atau larutan Na – bisulfit kedalam niranya agar rasa niranya tidak asam, kotoranya tidak mengendap menjadi ampas dan agar gulanya berwarna kuning muda sehingga cantik.

Waktu pengambian nira atau penyadapan dapat kalian lakukan pagi sebelum pukul 08.00 dan sore setelah pukul 16.00. Setelah pengambilan nira dan sebelum pengambilan nira selanjutnya, usahakan mayang dipotong sedikit dahulu dengan sekali sentuhan agar nira dapat keluar dengan lancar.

Setiap mayang pada pohon kelapa dapat diambil niranya berturut – turut pagi dan sore kurang lebih selama 40 hari. Biasanya satu pohon kelapa dapat menghasilkan 3-10 liter nira, nira yang bagus dan masih segar memiliki ciri rasanya manis, baunya harum, tidak berwarna dan derajat keasaman (pH) nya antara 6,0 – 7,0. Bila nira yang memiliki kandungan jelek atau pHnya dibawah 6,0 dan digunakan untuk membuat gula merah, maka akan menghasilkan gula bermutu jelek dan tidak enak.

Alat dan Bahan Pembuatan Gula Merah :

Alat – Alat :

  • wajan besi atau aluminium
  • ember atau baskom
  • kain saving
  • serok
  • cetakan
  • tungku atau kompor

Bahan – Bahan :

  • Nira kelapa segar
  • irisan batang nangka atau irisan buah pepaya muda
  • kapur sirih atau larutan Na – bisulfit

Cara Membuat Gula Merah dari Nira Kelapa :

Proses Pencetakan gula merah

  1. Lankah pertama yang harus kalian lakukan adalah menyaring nira kelapanya terlebih dahulu agar bersih dari ampas, kemudian masukkan nira ke yang sudah di saring ke dalam wajan atau panci yang besar.
  2. Panaskan nira menggunakan api besar yang sangat panas, usahakan api yang digunakan memiliki panas yang konstan, kalian bisa menggunakan bahan bakar dari kayu atau seresah atau bisa juga menggunakan bahan bakar lainnya. Untuk lama pemasakan nira tergantung dari banyaknya nira yang akan kalian buat, kalau banyak juga membutuhkan waktu yang cukup lama tapi kalau cuma sedikit bisa hanya membutuhkan waktu sebentar saja.
  3. Sebelum cairan gulanya matang, masukkan satu butir kelapa parut dengan campuran 100 cc air ke dalamnya sedikit tips usahakan 15 menit sebelum api dari cairan gulanya dimatikan.
  4. Nah setelah parutan kelapanya di masukkan, aduklah cepat dengan arah memutar dan tunggulah hingga matang. Nah jika dirasa niranya sudah matang, mengental dan berwarna agak kemerahan, matikan api dan cetaklah menggunakan cetakan yang sudah disiapkan.
  5. Tunggu hingga cairan menjadi padat, dan simpanlah dengan keadan yang baik. Proses membuat gula merah dari nira kelapa pun sudah selesai.

Nah itulah cara membuat gula merah dari nira kelapa yang dapat kalian praktekkan di rumah, bagaimana ternyata cukup mudah bukan?

Biasanya gula merah ini juga sering dimanfaatkan untuk bumbu masakan seperti sayur bobor daun singkong dan sayur bobor jawa. Tidak hanya itu saja, ternyata gula merah juga sering digunakan sebagai pemanis dalam minuman yang dapat bermanfaat untuk menambah stamina tubuh.

Terima kasih buat kalian yang sudah membaca artikel ini sampai selesai, semoga dapat menambah wawasan dan dapat bermanfaat bagi kita semua aamiin.