Resep Bolu Kukus Coklat tanpa Mixer

Pada kesempatan artikel saya kali ini, saya akan membagikan resep bolu kukus coklat tanpa mixer. Tapi sebelum masuk ke dalam topik pembahasannya, Apakah kalian tau apa itu bolu kukus? Simak penjelasannya dibawah ini.

Definisi Bolu Kukus

Bolu kukus adalah sejenis kue yang berbahan dasar utama tepung terigu dengan bahan tambahan lainnya. Bahan tambahannya yaitu berupa telur, gula pasir, SP, dan air soda bening yang kemudian bolu ini dimatangkan dengan cara dikukus.

Bahan dasar untuk pembuatan bolu kukus ini dibagi menjadi 2 jenis. Pertama jenis bahan yang membentuk susunan bolu kukus yaitu tepung, telur, dan susu. Sedangkan yang kedua adalah jenis bahan yang menjadikan bolu kukus yaitu gula, lemak, dan baking powder atau air soda.

Faktor keberhasilan dalam pembuatan bolu kukus ini adalah pada saat mengaduk adonan dan mengukus adonan. Misalnya pada saat mengaduk adonan yang terlalu lama atau terlalu sebentar ataupun saat pengukusnya tidak sempurna yang dapat membuat bolu kukus tidak akan mekar atau mengembang.

Selain itu, faktor keberhasilan yang dapat membuat adonan bolu kukus ini dapat mengembang dan mekar sempurna adalah telur dan bahan tambahan berupa emulsifier atau air soda.

Jika kalian ingin membuat bolu kukus coklat tanpa mixer, mungkin artikel ini bisa menjadi salah satu referensi kalian. Berikut ini cara membuat bolu coklat sederhana tanpa mixer.

Resep Bolu Kukus Coklat Tanpa Mixer

Bahan-Bahan :

  • Tepung terigu protein sedang 6 sdm
  • Gula pasir 6 sdm
  • Air panas 5 sdm
  • Minyak goreng 6 sdm
  • Chocolatos bubuk 2 sachet
  • Telur 2 butir
  • Kental manis coklat 2 sdm
  • Baking powder 1/4 sdt
  • Baking soda 1/4 sdt

Cara Membuat Bolu Kukus Coklat Tanpa Mixer :

  1. Larutkan terlebih dulu chocolatos dengan air panas, aduk hingga larut.
  2. Dengan wadah lain, masukkan gula pasir dan telur, kocok hingga gula larut.
  3. Ayak bahan kering yaitu tepung terigu,baking soda dan baking powder. Tuangkan ke dalam adonantelur kocok. Aduk merata dengan telur hingga tidak ada adonan yang bergerindil.
  4. Tuangkan chocolatos dan kental manis ke dalam adonan bolu, aduk hingga rata. Tuang minyak goreng, aduk rata.
  5. Panaskan kukusan dahulu selama 10 menit, lapisi tutup dengan kain agar nanti bolu tidak bantat.
  6. Olesi loyang dengan minyak atau margarin.Tuangkan adonan tadi ke dalam loyang yang sudah diolesi.
  7. Kukus adonan bolu selama 30 menit.Kalian bisa test apakah bolu sudah matang atau belum dengan tusukan. Jika tusukan tidak ada adonan yang menempel berarti sudah matang.
  8. Angkat dan keluarkan bolu coklat dari dalam loyang, berikan olesan glaze cokelat dan taburan chocochips atau kalian bisa memberi topping sesuai selera. Potong-potong bolu dan siap dinikmati.

Baca Juga : Cara Bikin Kue Coklat Kering

Berikut ini macam-macam kue bolu yang ada di indonesia.

Macam-Macam Kue Bolu

1. Bolu Klemben

Bolu ini khas dari Banyuwangi, Jawa Timur. Tekstur dan rasanya berbeda dengan bolu pada umumnya yang biasanya dibuat. Bolu klemben dimasak dengan cara dipanggang dalam waktu lama, kue ini memiliki tekstur yang agak keras dibanding dengan bolu pada umumnya, tetapi lembut di bagian dalam.

2. Bolu Suri

Sekilas jika dilihat, bentuk bolu suri ini mungkin mirip dengan bika ambon khas dari Medan. Karena bolu suri memiliki tekstur yang beronga-rongga pada bagian dalamnya yang mirip dengan bika ambon. Pembuatan bolu ini juga sama seperti bolu pada umumnya, dimasak dengan dipanggang pada suhu yang berbeda dalam waktu 20 menit.

3. Bolu Macan

Bolu macan ini memiliki bentuk seperti bolu marmer, bolu macan ini berasal dari Bangka Belitung. Kue bolu macan biasanya dibuat dengan loyang yang berukuran 20 cm hingga 22 cm. Bolu ini bisa kalian temukan di pusat oleh-oleh khas Bangka Belitung.

4. Bolu Kemojo

Kue bolu kemojo adalah bolu khas dari kota Riau. Kue ini memiliki warna khas yaitu hijau dan memiliki bentuk seperti bunga, membuat bolu ini terkesan cantik dan unik.

Sesuai dengan namanya, bentuk dari bolu kemojo ini menyerupai bunga kemojo atau kamboja. Biasanya, bolu ini disajikan pada saat perayaan hari besar atau saat pesta pernikahan.

Demikian artikel yang saya buat kali ini, jika ada kesalahan kata saya mohon maaf. Semoga artikel saya ini bermanfaat.