Resep Sup Jagung Telur

Resep sup telur jagung yang mudah dibuat sendiri bisa menjadi pilihan masakan simpel berkuah hangat untuk disantap saat cuaca dingin. Tambahan sayuran sebagai pelengkap sup telur yaitu jagung manis pipil dan irisan wortel. Sobat pun juga bisa menambahkan bahan protein olahan daging seperti sosis atau bakso.

Bagaimana ya, resep dan cara membuat sup jagung telur yang nikmat ini? Yuk, simak resepnya dibawah ini!

Resep Sup Jagung Telur

Bahan – Bahan :

  • 2 butir telur ayam, kocok sebentar
  • 100 gr jagung manis pipil
  • 600 ml air kaldu
  • 2 sdm irisan daun seledri
  • 100 gr wortel, iris tipis
  • 1 sdm tepung maizena, larutkan dengan air secukupnya

Bahan untuk Bumbu Halus :

  • 1 sdm bawang putih, iris
  • 1 sdt lada bubuk
  • ½ ruas jahe, geprek
  • Garam sejumput

Cara Membuat Sup Jagung Telur :

  1. Pertama, tumis bawang putih terlebih dahulu sampai mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan wortel. Lalu, tumis sampai wortel layu.
  2. Setelah itu tuang kaldu, kemudian masak sampai hampir mendidih. Selanjutnya, tambahkan garam, lada, jahe, dan jagung. Lalu, masak sampai jagung empuk.
  3. Berikutnya, tuang telur kocok ke dalam sayur sambil diaduk. Setelah itu, tambahkan daun seledri. Kemudian, aduk sampao tercampur secara rata dan koreksi rasanya.
  4. Terakhir, tuang larutan tepung maizena, masak sebentar sampai kuah menjadi agak kental. Setelah itu, angkat masakan dan sajikan.

Nah, jika sudah mengetahui bagaimana cara membuat sup jagung telur, yuk kita simak apa saja sih manfaat telur bagi kesehatan!

Manfaat Telur Bagi Kesehatan

Telur bukan hanya mudah diperoleh dan mudah diolah, namun telur termasuk bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Bahkan telur layak diklasifikasikan sebagai superfood atau makanan super karena kandungan zat gizinya yang sangat banyak. Apa saja ya kandungan yang terdapat pada telur?

1. Menawarkan banyak gizi

  • Vitamin A: 6 persen dari jumlah kebutuhan
  • Vitamin A harian yang direkomendasikan
  • Folat: 5 persen dari jumlah kebutuhan folat harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B5: 7 persen dari jumlah kebutuhan
  • Vitamin B5 harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B12: 9 persen dari jumlah kebutuhan
  • Vitamin B12 harian yang direkomendasikan
  • Vitamin B2: 15 persen dari jumlah kebutuhan
  • Vitamin B2 harian yang direkomendasikan
  • Fosfor: 9 persen dari jumlah kebutuhan fostor harian yang direkomendasikan
  • Selenium: 22 persen dari jumlah kebutuhan selenium harian yang direkomendasikan

2. Tinggi kolesterol tapi tidak memengaruhi kolesterol darah

Memang benar kalau telur mengandung kolesterol tinggi. Faktanya, kandungan kolesterol dalam satu telur bisa mencapai 212 mg kolesterol atau lebih dari setengah dari kebutuhan kolesterol harian yang direkomendasikan, yaitu 300 mg.

Akan tetapi, penting untuk diingat bahwa kolesterol dalam makanan tidak selalu meningkatkan kolesterol pada darah dalam tubuh. Sebenarnya, organ hati juga menghasilkan kolesterol dalam jumlah besar setiap hari.

Jadi, ketika sobat meningkatkan asupan kolesterol makanan, organ hati akan menghasilkan lebih sedikit kolesterol untuk meratakannya.

3. Meningkatkan kadar kolesterol baik

Kolesterol high-density lipoprotein (HDL) yang selama ini dikenal sebagai kolesterol baik. Orang yang mempunyai kadar HDL lebih tinggi biasanya memiliki risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kesehatan lainnya yang lebih rendah.

Mengonsumsi telur merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan kadar HDL yang ada di dalam darah. Dalam sebuah penelitian, makan dua telur per hari selama enam minggu mampu meningkatkan kadar HDL sebesar 10 persen.

4. Mengandung kolin sebagai nutrisi penting yang banyak orang tak mendapatkannya

Kolin merupakan nutrisi yang bahkan keberadaannya tidak diketahui oleh kebanyakan orang. Padahal kolin adalah zat yang sangat penting dan sering dikelompokkan bersama dengan vitamin B. Kolin biasanya digunakan untuk membangun membran sel dan berperan penting dalam memproduksi molekul pemberi sinyal di otak, bersama dengan berbagai macam fungsi yang lainnya.

Gejala defisiensi kolin sendiri bisa terjadi dengan sangat serius. Selain dapat menyebabkan penyakit hati, kekurangan kolin ini juga bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya lain, seperti penyakit jantung, gangguan neurologis, dan bahkan kanker.

Mengonsumsi telur utuh menjadi solusi yang sangat baik karena telur merupakan sumber kolin. Satu telur mengandung lebih dari 100 mg nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan ini.

5. Telur memiliki protein berkualitas tinggi

Melansir Australian Eggs, protein merupakan bahan penyusun kehidupan dan satu telur mengandung sekitar 6,3 gram protein yang memiliki kualitas tinggi.

Fungsi utama protein dalam tubuh adalah membangun, memperkuat, dan memperbaiki jaringan pada tubuh. Telur memberikan protein yang berkualitas sangat tinggi yang mengandung kesembilan asam amino esensial dalam jumlah yang tepat dan cukup yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan yang optimal.

Beberapa makanan lain secara proporsional mungkin bisa mengandung lebih banyak protein daripada telur, namun kualitas protein yang ada dalam telurlah yang sangat menonjol.

6. Membantu meningkatkan asupan nutrisi untuk penuaan yang sehat

Sangat penting bagi setiap lansia untuk lebih memperhatikan apa yang harus dimakan untuk memastikan mereka memperoleh jumlah nutrisi yang tepat dalam setiap makanan yang dikonsumsi. Kebutuhan nutrisi yang meningkat dan nafsu makan yang berkurang bisa meningkatkan risiko kekurangan serat, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin C, vitamin B6, vitamin B12, folat, zat besi, magnesium, dan seng.

Kelompok lansia yang mayoritas tinggal di dalam ruangan juga berisiko lebih tinggi kekurangan vitamin D karena kurangnya terkena     paparan sinar matahari. Karena mengandung 11 vitamin dan mineral yang berbeda, telur merupakan bahan makanan yang sangat baik jika dikonsumsi untuk meningkatkan asupan nutrisi.

7. Menurunkan kadar trigliserida

Merangkum Medical News Today, tidak semua telur diciptakan sama. Komposisi nutrisi telur bervariasi tergantung pada bagaimana ayam diberi pakan dan dibesarkan. Telur dari ayam yang dibesarkan dengan cara digembalakan dan atau diberi pakan yang diperkaya omega-3 cenderung mengandung asam lemak omega-3 yang lebih tinggi.

Nah, asam lemak omega-3 ini diketahui bisa mengurangi kadar trigliserida yang ada di dalam darah, salah satu faktor risiko penyakit jantung yang terkenal. Studi kasus menunjukkan bahwa mengonsumsi telur yang diperkaya omega-3 adalah cara yang sangat efektif untuk menurunkan trigliserida dalam darah.

Dalam sebuah penelitian, makan hanya lima telur yang diperkaya omega-3 per minggu selama tiga minggu dapat mengurangi trigliserida sebesar 16-18 persen.

Nah itu lah cara membuat sup jagung telur yang lezat, nikmat, dan maknyus. Sup jagung telur ini juga bisa sobat gunakan sebagai peluang usaha loh sobat. Jika sobat ingin menjadikannya sebagai peluang usaha, sobat perlu mesin perontok jagung untuk mempercepat proses pemisahan jagung dengan tongkol jagung. Sobat bisa menemukan mesin ini hanya di Rumah Mesin yang kualitasnya sudah terjamin dengan mutu yang baik.