Rumput Odot Untuk Pakan Entok Serta Pakan Hijauan Lainnya

Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang rumput odot untuk pakan entok. Namun sebelum itu tahukah kamu apa itu rumput odot?

Rumput Odot

Rumput odot ialah salah satu varietas rumput gajah( Pennisetum purpureum), di luar negeri rumput ini di kenal sebagai Napier Grass, ataupun Mott Elephant Grass. Tumbuhan ini sanggup berkembang pada musim kemarau dengan tanah yang mempunyai tingkatan kesuburannya rendah.

Rumput Odot Untuk Pakan Entok

Rumput Odot Untuk Pakan Ternak

Persiapan Alat Serta Bahan

Persiapan alat serta bahan ini di perlukan serta sangat penting, sebab alat serta bahan ini sangat mempengaruhi pakan alternatif yang hendak di buat.

a. Alat

  • Ember plastik besar( terpal).
  • Larutan penguraian.
  • Timbangan( takaran).
  • Plastik penutup
  • Gunting ataupun pisau tajam.
  • Air seperlunya.

b. Bahan

  • Bekatul yang sudah digiling menggunakan mesin giling sekam
  • Rumput odot yang dicacah terlebih dulu memakaiĀ mesin pencacah rumput
  • Limbah pertanian
  • Ampas tahu, ampas kelapa serta pula kedelai.
  • Serta yang lain yang bisa terurai.

Cara Membuat Pakan Entok Dengan Rumput Odot:

  1. Menghaluskan seluruh bahan yang hendak di jadikan pakan ternak bebak ataupun entok. Dengan bantuan pengilingan, penyincangan serta pula pemotongan sampai halus.
  2. Persiapkan pula ember plastik ataupun terpal terbuka yang berukura 1 x 1 x 1 m. Kemudian lakukan penuangan bahan yang telah di haluskan tersebut di dalam ember plastik besar.
  3. Dalam pembuatan ini hendaknya memakai ember plastik yang bakal mempermudah buat proses penguraian( fermentasi) bahan yang di haluskan.
  4. Sehabis di masukan kedalam wadah, lakukan pengadukan bahan sampai menyeluruh dengan bantuan alat aduk kayu ataupun tanggan secara langsung.
  5. Kemudian gabungkan bahan berikutnya berbentuk zat pengurai seperti nanas yang di giling, pupuk urea halus serta pula ragi makanan.
  6. Lakukan pengadukan sampai menyeluruh serta pula tercampur, serta tuangkan air seperlunya.
  7. Berikutnya buatlah penutup ember plastik memakai plastik besar, yang di ikan dengan karet ataupun tali yang lain dengan rapat. Serta diamkan selama 1- 2 minggu
  8. Sehabis itum, buka penutup serta keringkan pakan alternatif dengan sinar matahari sampai kering serta siap buat di bagikan pada pakan ternak bebek ataupun entok.

Pakan Hijauan Lainnya Untuk Entok

1. Kangkung

Pada awal mulanya, fermentasi pakan entok memakai kangkung ini banyak diragukan oleh para peternak. Sebab, kangkung ini mempunyai kandungan serat yang lumayan besar, sebaliknya kemampuan entok untuk mengolah makanannya tidak setangkas domba serta kambing. Mereka juga cemas bila pemberian kangkung sangat banyak, akan membuat produksi telur menyusut.

2. Daun Singkong

tipe daun- daunan untuk pakan entok berikutnya merupakan daun singkong. Daun singkong ialah tanaman yang mengadung protein yang cukup besar. Sehingga membuat para peternak banyak yang menjadikannya sebagai pakan alternatif buat entok.

3. Eceng Gondok

Sampai saat ini, telah banyak para ilmuan yang mengamati tentang manfaat yang terkandung dalam eceng gondok untuk pakan alternatif entok. Para peneliti mengatakan jika daun eceng gondok ini bisa berguna dalam sistem reproduksi entok untuk membantu dalam memproduksi telur yang mempunyai protein tinggi.

4. Daun Pepaya

Daun pepaya yang kerap diketahui sebagai obat pada kendala pencernaan manusia ini, nyatanya mempunyai seribu khasiat untuk hewan ternak, termasuk entok. Tidak hanya itu, daun pepaya pula memiliki sebagian sifat penyembuhan, antara lain, menghindari penyusunan kantarak, mengurangi peradangan, serta masih banyak lagi.

Pakan hijauan untuk entok ini juga mempunyai kemampuan anti parasit, yang bermanfaat untuk tingkatkan berat tubuh entok. Kemampuan ini bisa tingkatkan berat tubuh sekitar 40% lebih, bila dibanding dengan entok yang lain.

5. Gedebog Pisang

Gebegog Pisang? pasti terdengar sangat aneh. Tetapi, setalah dicoba riset, memanglah benar kalau pakan fermentasi gedebog pisang buat entok sangat berguna. Telah banyak para peternak yang mempraktikkan metode ini, serta sukses memperoleh hasil yang memuaskan.

Demikian artikel yang bisa saya sampaikan. Semoga bisa bermanfaat.