Sablon Rubber VS Sablon Plastisol

Sablon Rubber VS Sablon Plastisol

Buat anda yang ingin buka usaha, atau misalkan buat anda yang ada keinginan untuk membeli kaos dengan jumlah banyak, untuk seragam atau bahkan buat anda sendiri. Alangkah bainya lebih baiknya kalau anda perlu tahu hal-hal berikut agar bisa memilih kaos dengan sablonan yang kualitasnya bagus. Berbagai macam sablon sendiri sangatlah beragam, tapi disini kami akan membahas kekurangan dan kelebihan dari sablon rubber vs plastisol. Yuk simak ulasannya sebagai berikut:

Sablon Rubber

Rubber merupakan salah satu yang paling sering digunakan di dunia percetakan atau sablon. Tidak hanya itu, Rubber juga ialah salah satu jenis sablon yang menjadi favorit semua kalangan. Bahan dasar utama dari sablon jenis ini adalah karet, yang membuatnya mempunyai kelebihan pada tingkat elastisitas dan kerapatan yang tinggi, selain itu juga bahannya fleksibel, cenderung awet dan bisa disetrika.

Walaupun rubber menjadi favorit tapi tidak luput dari kekurangan, jadi Walaupunpun favorit tipe sablon model ini tetap mempunyai kelebihan dan kekurangan, berikut diantaranya.

Kelebihan

  • Bahan kaos yang menggunakan tinta rubber ini, kalau anda hendak menyetrikanya pun akan aman.
  • Ketika proses pembuatannya sablon rubber memiliki tingkat elastisitas yang sangat tinggi.
    Tinta rubber ini tidak akan menutup pori kain secara utuh, sehingga ketika anda berkeringat masih akan terasa adem karena udara maish bisa tembuh permukaan sbalon
  • Tinta rubber pada umumnya merupakan tinta yang berbasis air, sehingga kita bisa mudah membersihkannya dengan air Walaupun keadaannya masih basah.
  • Tinta rubber sangat mudah kering, jadi ini menjadi salah satu keuntungan khusus bagi para penyablon untuk mempersingkat waktu produksi.
  • Harga jual di pasaran tinta rubber sangat diterima oleh para calon konsumen karena harganya yang ekonomis dan proses produksi yang mudah dan tidak ribet. tapi rinta rubber juga ada yang mahal karena kualitasnya yang jauh lebih bagus.

Kekurangan

  • Kekurangan dari tinta rubber ini bisa menimbulkan kerak, serta menghasilkan limbah yang lebih banyak.
  • Karena Ketika proses produksinya tinta rubber ini cepat kering, hal ini terkadang bisa menjadi masalah kalau produksi jumlah banyak.
  • Tinta rubber yang memiliki kualitas buruk pada umumnya tidak awet di kaos, kaku dan keras.

Sablon Plastisol

Tinta plastisol merupakan tinta yang terbuat dari bahan kimia, gabungan antara plastic dan minyak. Tinta jenis ini mempunyai keunikan khusus yang tidak dimiliki oleh varian tinta sablon lainnya. Keunikannya adalah sifatnya yang tidak mudah kering di screen. Selain itu masih ada beberapa keunikan lain dari sablon plastisol.

Kelebihan

  • Sablon Plastisol ini memiliki keawetan tinggi. Bahkan, ketika dicuci berkali-kalipun tidak akan mudah rusak dan masih tetap dalam kondisi bagus.
  • Tinta ini juga bisa menempel kuat pada kain.
  • Hasil sablonannya menghasilkan warna cerah walupun hanya satu kali gesut. Nah inilah yang membuat para produsen kaos dakwah seperti Gootick Apparel menggunakan jenis tinta ini.
  • Selain itu limbah yang dihasilkan dari plastisol ini sangatlah minim, dikarenakan sifatnya yang tidak mudah kering sehingga sisa tinta plastisol bisa dimasukkan wadah dan disimpan kembali.

Kekurangan

  • Ketika proses produksi juga sangat dibutuhkan alat-alat yang memadai untuk mendukung hasil yang sesuai keinginan, seperti curing untuk memaksimalkan pengeringan.
  • Tinta plastisol menutup pori kain, sehingga ketika anda keringetan udara akan susah masuk sehingga terasa gerah.
  • Tinta ini tidak cocok kalau pelanggan atau customer kita memesan kaos untuk keperluan cepat, karena dengan tinta plastisol ini membutuhkan waktu produksi yang sedikit lebih lama, terutama pada proses pengeringannya.

Perawatan kaos dengan sablon plastisol perlu lebih berhati-hati. Salah satunya adalah area sablon plastisol tidak boleh terkena setrika karena akan meleleh dan lengket.