Solusi Untuk Mengurangi Sampah Plastik di Kehidupan Sehari-hari

Nah,mungkin masih banyak yang bertanya bagaimana solusi untuk mengurangi sampah plastik?.maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips/cara solusi untuk mengurangi sampah plastik.berikut penjelasanya.

Solusi untuk mengurangi sampah plastik

Solusi untuk mengurangi sampah plastik

Meminimalkan penggunaan plastik jauh lebih mudah daripada yang terlihat. Berikut adalah beberapa tips yang dapat mengubah hidup Anda dan kehidupan planet ini.

1.Solusi untuk mengurangi sampah plastik dengan hindari penggunaan sedotan plastik

Untuk menghindari sampah plastik, sebaiknya Anda tidak perlu meminta sedotan saat makan di luar. Jika Anda membutuhkan sedotan, pertimbangkan untuk menggunakan sedotan stainless steel yang dapat dicuci dan digunakan berulang kali.

2.Solusi untuk mengurangi sampah plastik dengan menggunakan tas yang dapat digunakan kembali

Untuk mengurangi sampah plastik, belilah tas yang besar dan kokoh untuk mengurangi jumlah sampah plastik. Pilih tas yang terbuat dari katun daripada nilon atau poliester, yang juga terbuat dari plastik.

Jika kita menggunakan tas yang dapat digunakan kembali (kain, tali atau tali) setiap saat, kesehatan planet kita akan meningkat. Mulai sekarang, ingatlah untuk membawa milik Anda ketika Anda meninggalkan rumah.

3.Solusi untuk mengurangi sampah plastik dengan pilih toko yang menggunakan kemasan kertas

Jika Anda sering berbelanja di banyak tempat, Anda akan tahu persis toko mana yang menjual kemasan kertas dan plastik. Cara mengurangi sampah plastik selanjutnya adalah dengan berbelanja di toko-toko yang menggunakan kemasan kertas untuk mengurangi sampah plastik.

4. Beli banyak langsung

Sebagian besar sampah plastik dunia berasal dari dapur. Salah satu cara terbaik untuk mengurangi plastik adalah dengan menyimpan makanan dalam jumlah besar. Alih-alih menyimpannya dalam wadah plastik sekali pakai, gunakan stoples dan wadah kaca. Bawalah wadah sendiri saat berbelanja agar tidak lagi harus menggunakan kantong plastik.

5. Berhenti membeli air minum kemasan

Saat membeli air minum dalam kemasan yang membantu memperbanyak sampah plastik, selalu bawa botol minum sendiri. sehingga dapat mengurangi sampah plastik di sekitar anda. Di beberapa tempat sudah ada tempat air minum yang bisa dibotolkan.

6. Berhenti mengunyah permen karet

Kebanyakan permen karet di pasaran mengandung plastik? Permen karet pertama dibuat dari getah pohon yang disebut chicle, yaitu karet alam. Para ilmuwan kemudian mengembangkan karet sintetis, polietilen, dan polivinil asetat untuk menggantikan karet alam di sebagian besar permen karet.

Jadi sekarang kemungkinan besar akan mengunyah plastik beracun. Polivinil asetat terbuat dari vinil asetat, bahan kimia yang menyebabkan tumor pada tikus percobaan.Jadi cobalah untuk mengurangi permen karet dan membuangnya ke tempat sampah daur ulang yang benar.

7. Pilih Item dengan Kemasan Karton

Pilih kardus daripada botol dan tas plastik untuk lebih mengurangi sampah plastik. Karton lebih mudah didaur ulang daripada plastik, dan produk kertas cenderung lebih mudah terdegradasi tanpa menambah berat pada produk seperti kaleng kaca atau aluminium.

8. Ganti Tupperware plastik dengan wadah kaca atau baja

Wah, cocok banget nih buat para ibu rumah tangga yang mungkin sedang mengoleksi Tupperware. Faktanya adalah bahwa Tupperware plastik juga dapat membahayakan planet kita.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengubah rutinitas dan memilih wadah kaca atau stainless steel untuk mengurangi sampah plastik.

9.Pikirkan kembali penyimpanan makanan kita

Kantong plastik, bungkus plastik, dan wadah penyimpanan plastik layak dinilai ulang. Daripada membuang kantong plastik berritsleting atau mengemas barang dalam parsel, mengapa tidak menggunakan gelas atau wadah kaca di lemari es?

Secara artisanal, wadah seperti itu digunakan sebagai pengganti wadah sekali pakai, tapi itu pasti membutuhkan sedikit keberanian dan penjelasan untuk memahami restoran lokal.

10. Berhenti membeli air minum kemasan

Kecuali ada krisis kontaminasi, botol air plastik menjadi sasaran empuk pengurangan sampah plastik. Sebaliknya, siapkan botol isi ulang untuk mengurangi sampah plastik.

Baca Juga: Cara Menangani Limbah Rumah Tangga

Dari solusi untuk mengurangi sampah plastik di atas dapat kita lakukan di kehidupan sehari-hari kita agar sampah plastik tidak semakin banyak dan menyelamatkan lingkungan dari pencemaran sampah plastik.