Tahap Pembuatan Jalan dengan Aspal Hotmix

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki, aspal hotmix menjadi material favorit yang banyak digunakan bagi pengaspalan jalan di Indonesia. Waktu pengerjaannya yang cepat serta daya tahan dan fleksibilitasnya membuat aspal ini banyak diaplikasikan mulai dari jalan raya hingga perumahan.

Lalu, seperti apa langkah-langkah pengaspalan jalan menggunakan aspal hotmix? Berikut kita simak tahap-tahapnya.

 

Proses Pembersihan dan Pembuatan Lapisan Dasar

Pertama-tama adalah mempersiapkan jalan/lahan yang akan diaspal. Singkirkan pohon, tunggul, serta sampah dan kotoran lainnya yang menghalangi. Lakukan pembersihan menggunakan dump truck dan alat-alat lainnya.

Setelah itu, lakukan penggalian tanah untuk pencanangan fondasi. Pengukuran ditentukan dengan uji DCP.

Di sini, kita menyiapkan tanah dasar (sub grade). Siapkan kepadatannya sesuai standar yang ditentukan.

 

Proses Pondasi dan Penghamparan Aspal Hotmix

Pekerjaan selanjutnya adalah penyiapan lapisan pondasi.

Pertama, lakukan penghamparan material agregat kelas B (LPB—Lapisan Pondasi Bawah) menggunakan backhoe loader atau motor grader. Padatkan dengan tandem roller. Pada bagian yang belum rata, perataan bisa dilakukan bersama-sama secara manual dengan tenaga manusia.

Berikutnya, penghamparan material agregat kelas A (LPA—Lapisan Pondasi Atas) menggunakan motor grader. Padatkan dengan vibratory roller. Lakukan pemadatan dan penyiraman air sesuai kebutuhan.

Proses selanjutnya adalah penyiraman prime coat. Pastikan lapisan sudah bersih dari debu dan kotoran. Pembersihan dilakukan menggunakan kompresor. 

Setelah pondasi siap dan prime coat kering, barulah penghamparan aspal hotmix dilakukan. Aspal hotmix type AC-BC dibawa menggunakan dump truck. Kemudian, tuangkan aspal tersebut ke asphalt paver/finisher dan hamparkan.

Baru setelah itu, lakukan pemadatan tahap pertama dengan menggunakan tandem roller atau vibratory roller. Kemudian, pemadatan berikutnya adalah menggunakan pneumatic tire roller sesuai lintasan yang ada. Agar semakin kukuh, pemadatan pun kembali dilakukan dengan menggunakan tandem roller.

Lalu, lakukan penyiraman tack coat. Caranya kurang lebih sama seperti pada prime coat.

Berikutnya, penghamparan aspal hotmix tipe AC-WC. Penghamparan dan pemadatannya sama seperti yang dilakukan pada aspal tipe AC-BC.

Yang perlu digarisbawahi, suhu saat penghamparan memegang peranan penting dalam pengaplikasian aspal hotmix. Selain itu, yang juga penting adalah berbagai proses pengecekan dan pengujian yang dilakukan di sela-sela pekerjaan. Pengambilan sampel material dilakukan menggunakan bor tangan, mesin core drill, dan sebagainya. Ada proses leveling, uji sand cone, uji Marshall, dan lainnya yang penting untuk dilakukan.

 

Jasa Pengaspalan Terpercaya di Tangerang

Untuk pengaspalan hotmix terbaik dan sesuai standar di area Tangerang dan sekitarnya, langsung saja hubungi jasa pengaspalan Tangerang

Dengan pengalaman menangani berbagai proyek pengaspalan, Anda akan mendapatkan layanan pengaspalan yang berkualitas. Apa pun rencana pengaspalan Anda, mulai dari jalan raya hingga area bangunan, semua siap ditangani secara profesional.