Tips Belajar Bahasa Jepang Secara Otodidak

Belajar Bahasa Jepang

Belajar bahasa Jepang bisa dilakukan dengan cara apapun, termasuk dengan cara otodidak. Anda bisa melakukannya dengan mudah jika terbiasa, tetapi jika anda belum memiliki pengalaman, belajar secara otodidak bisa benar-benar membuat anda kebingungan, atau parahnya menyerah di tengah jalan.

Tetapi sebenarnya, belajar bahasa Jepang secara otodidak memiliki kelebihan tersendiri. Misalnya anda tidak harus terpaku pada jam yang ditentukan oleh kursusan atau LPK. Anda bisa mematok kapan anda ingin belajar sehingga memiliki waktu yang fleksibel.

Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa meskipun anda bebas dalam mengatur waktu, jangan sampai tidak disiplin. Belajar otodidak memang sangatlah menyenangkan jika berbicara mengenai waktu, tetapi itu bisa menjadi bumerang bagi anda yang tidak bisa mengatur waktunya.

Selain itu, belajar secara otodidak juga memungkinkan anda mendapatkan ilmu yang beragam. Dimulai dari teks buku hingga website yang menyediakan pelajaran secara gratis. Sebut saja Weihome Gakuen yang secara online memberikan pelajaran dan materi bahasa Jepang.

Website tersebut juga menariknya anda bisa mendapatkan pelajaran yang didapat dari si gurunya yang juga belajar bahasa Jepang secara otodidak. Dengan begitu, dia akan memberikan anda tekhnik khusus yang bisa anda dapatkan jika kekeh ingin belajar bahasa Jepang secara otodidak tanpa modal.

Di salah satu pembahasannya, anda akan diminta untuk mulai menonton film-film jepang, termasuk drama Jepang dan anime. Harap menonton jenis film yang belum mengalami dubbing, karena itu sama saja dengan bohong.

Anda harus mendapatkan film yang masih memiliki bahasa jepang otentik, dan subtitle yang baik. Karena seperti kita tahu sekarang bahwa banyak orang yang men-sub anime Jepang seenak jidat. Mereka melakukannya semata-mata untuk kesenangan pribadi yang bisa jauh dari arti bahasa Jepang itu sendiri.

Tetapi meskipun begitu, mendengarkan orang Jepang secara langsung melalui film bisa membantu anda mengetahui bagaimana cara mereka berbicara. Selain itu, otak dan alam bawah sadar anda pun akan dilatih terus dengan bahasa asing tersebut.

Dengan begitu, tanpa anda sadari anda bisa berbicara bahasa Jepang nantinya. Mungkin menonton anime dan dorama jepang merupakan cara terbaik dalam belajar bahasa Jepang secara otodidak seperti yang tengah anda inginkan saat ini.