Tips Menabung yang Baik untuk Masa Depan Tenang

Hingga saat ini ada banyak orang yang sering tidak berhasil menyisihkan uang tiap bulan untuk didistribusikan ke tabungan. Dalam pembahasan ini kali, Lifepal mengulas beberapa cara menabung yang bagus untuk masa datang agar sukses mempunyai tabungan.

Sama seperti yang kamu ketahui, pola hidup sering membuat beberapa orang jadi kesusahan untuk menabung. Dapat menyisihkan uang tiap bulan saja sudah bagus, jadi tidak muluk-muluk kok dapat menabung 1/2 dari upah. Walau kedengar susah, tidak berarti tidak dapat dilaksanakan.

Ada beberapa langkah menabung dan juga cara investasi yang baik dan benar yang betul yang dapat kamu aplikasikan, misalkan seperti menyisihkan uang tiap bulannya, memberinya sasaran pengeluaran, sampai hemat dengan bawa perbekalan makanan sendiri.

Tidak perlu lama-lama, berikut ialah panduan menabung untuk masa datang yang gampang kamu aplikasikan dan tentunya bisa dibuktikan efisien lho.

1. Selesai terima uang upah, janganlah lekas berasa kaya
Hayo, siapa di sini langsung berasa kaya setelah terima gaji? Seperti segera ke mal buat membeli pakaian, makan, sampai ngopi. Dalam satu hari, bisa jadi kamu habiskan uang sampai Rp 1 juta.

Agar arah menabung 1/2 upah berjalan mulus, mulai saat ini hapus hati itu dan lakukan langsung masukkan 1/2 upah kamu ke rekening tabungan saat sebelum tertarik beli ini itu.

2. Sasaran diri kita, hanya bisa keluar uang Rp 200 ribu sepanjang 1 minggu
Langkah menabung yang bagus untuk masa datang setelah itu, menarget diri kita. Bagaimana tujuannya? Ya, kamu perlu memberikan sasaran dalam diri sendiri untuk mengerem kemauan, khususnya dalam soal berbelanja konsumtif.

Salah satunya triknya, dengan menetapkan pengeluaran cuman sejumlah Rp 200 ribu sepanjang 1 minggu di luar transportasi ke kantor ya! Maka bagaimana pintar-pintarnya kamu mengurus pengeluaran sehari-harinya.

3. Punyai rekening khusus tabungan yang tidak dapat diambil
Mempunyai dua rekening tabungan yang lain itu sebetulnya menjadi satu diantara langkah gampang untuk mengelola keuangan . Maka, satu rekening untuk operasional kamu, dan satunya kembali khusus untuk menabung.

Supaya sasaran menabung terwujud, seharusnya tentukan rekening tabungan yang tidak dapat kamu pakai atau ambil. Satu diantaranya, tabungan berjangka sebagai program perbankan.

Selainnya tidak terpenggal ongkos administrasi, kamu malah justru memperoleh bunga . Maka, makin banyak dech uang yang kamu tabung.

4. Membawa perbekalan makanan agar hemat
Ongkos uang yang umum kamu mengeluarkan untuk makan siang? Range Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu untuk sekali makan. Belum juga jika lembur, kamu harus keluarkan uang kembali beli makanan untuk sore hari.

Anggaplah, dalam satu hari kamu habiskan Rp 50 ribu untuk beli makanan. Memiliki arti dalam setahun kamu akan menggulirkan uang sekitaran Rp 50 ribu x 22 hari yakni Rp 1,1 juta.

Agar lebih irit. Kamu dapat bawa perbekalan ke kantor untuk makan siang dan cemilan pada sore hari. Dengan demikian, uangmu akan aman karena tidak tertarik untuk jajan.

5. Membeli paket data sedikit saja, selalu gunakan WIFI
Berapakah uang yang umum kamu mengeluarkan untuk beli paket data internet tiap bulan? Rp 200 ribu dengan paket 20 sampai 30 GB?

Mulai saat ini, lebih bagus kamu kurangi pembelian paket data dengan pilih yang semakin sedikit . Maka, belilah paket yang selayaknya saja, dan gunakan WIFI yang ada khususnya untuk lakukan hal yang bakal makan banyak paket.

Misalkan, untuk up-date atau unduh program sampai mengupload photo di media sosial. Yakin dech, remeh memang, tetapi cara tersebut dapat buat kamu irit setiap bulan.

6. Membawa uang kontan dalam pecahan kecil di dompet dan tidak perlu membawa debet atau kredit card
Yang sering membuat orang kelewatan keluarkan uang ialah, karena menyaksikan ada beberapa uang di dompet atau aman karena ada kartu debet dan kredit card.

Maka ketika berada promosi angsuran 0 % langsung bisa tertarik tuch menggesek kartu credit atau membeli barang ini itu karena banyak uang tunai. Ujungnya gigit jemari, karena uang habis dan bill kartu credit meletus.

Karenanya, seharusnya lakukan untuk bawa yang yang seperlunya saja di dompet dan meninggalkan kartu debet atau kredit card di dalam rumah.

Cara itu akan membuat kamu tidak tertarik untuk beli barang yang tidak perlu. Apa lagi, bila kamu akan ke beberapa tempat yang bakal membuat kamu tertarik untuk berbelanja.

7. Bisa membeli cemilan, tetapi yang buat kenyang
Pada sore hari sekitaran jam 15.00 atau 16.00 umumnya perut sudah mulai lapar, dan cemilan jadi opsi terbaik karena jika makan berat terlampau mengenyangkan.

Bisa saja sich membeli cemilan, tetapi dibanding cuman beli makanan ringan seperti Chiki, seharusnya membeli cemilan yang betul-betul mengenyangkan seperti biskuit gandum atau crackers. Selainnya sehat, kamu akan lebih irit.

8. Turut arisan
Dibanding kamu dan rekan-rekan kumpul tidak terang atau main ke mall yang justru dapat membuat kamu tertarik untuk berbelanja barang yang condong tidak diperlukan, lebih bagus kamu dan teman-temanmu membuat barisan arisan.

Melalui arisan, kamu akan ‘dipaksa’ untuk menyisihkan uang tiap bulannya. Kira saja kamu sedang menabung, kan?

Selainnya sebagai fasilitas menabung, kamu bisa juga manfaatkan arisan untuk belajar mengelola keuangan. Apa lagi bila ada rekan arisanmu yang seorang pebisnis, kamu jadi dapat belajar usaha.

9. Tabungkan uang dengan nominal tertentu
Coba memiliki komitmen untuk menyisihkan uang dengan nominal tertentu tiap bulannya. Supaya tidak berasa berat, kamu dapat awali dengan jumlah kecil lebih dahulu. Nach, apabila sudah terlatih, baru kamu tingkatkannya dengan bertahap.

Dengan menabung tiap bulannya, kamu akan berasa tersisa gajimu jadi lebih sedikit. Maknanya, kamu akan hemat dan cuman keluarkan uang untuk hal yang kamu perlukan saja.

10. Membeli barang yang menjadi asset untuk dipasarkan
Bila uang tabunganmu telah lumayan banyak, pikirkan untuk beli barang yang berharga jual tinggi. Kamu dapat beli rumah atau tanah di lokasi vital, emas, atau perhiasan lain.