Tips Merawat Bunga Agar Tidak Layu dan Tetap Cantik

Kini, merawat bunga menjadi salah satu kegemaran banyak orang. Bukan tanpa alasan, bunga memiliki bentuk yang sangat cantik dan enak untuk dipandang. Maka tak heran jika banyak orang yang menggunakan bunga untuk menghias rumah mereka. Baik halaman rumah maupun ruangan di dalamnya seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan lain sebagainya.

Namun terkadang, perawatan yang kurang tepat ternyata berdampak pada bunga itu sendiri. Bunga dapat menjadi layu bahkan membusuk.

5 Cara Merawat Bunga Agar Tidak Layu

Agar tidak terjadi hal semacam itu, simak beberapa cara merawat bunga agar tidak layu berikut ini:

  1. Taruh di Wadah Bersih

Wadah yang kotor dapat menjadi sarang kuman. Kita tidak tahu apakah kuman tersebut memang kuman yang dapat merusak tanaman atau tidak. Maka dari itu, kita wajib menaruh bunga kita di wadah yang bersih untuk berjaga-jaga agar tidak ada mikroorganisme yang merusak bunga kita.

  1. Menggunakan Air Hangat

Biasanya, bunga akan kehilangan kelembapan jika ditaruh di vas bunga. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan sedikit air hangat untuk membantu bunga menyerap air di dalam pot. Selain itu, jumlah air juga tidak perlu banyak-banyak agar bunga tidak mudah membusuk.

  1. Menyimpan di Suhu Ruangan

Bunga harus ditaruh di suhu ruangan. Sehingga, kamu tidak boleh menaruh bunga di dalam kulkas atau pendingin karena dapat mempercepat pembusukan ketika ditaruh lagi di luar. Selain itu, menaruh bunga di ruangan ber-AC juga kurang baik karena AC dapat mengeringkan udara dan membuat bunga juga akan membusuk dengan cepat.

  1. Potong Bagian Bunga Saat Dibutuhkan

Memotong daun bunga yang terendam air dan yang kering dapat mengurangi risiko pembusukan bunga. Selain itu , memotong bunga secara miring juga dapat membuat bunga menyerap air dengan lebih baik.

  1. Rutin Mengganti Air

Air di dalam vas bunga harus diganti setiap hari agar tidak ada alga, jamur, ataupun kuman yang dapat merusak bunga.

Itulah tadi beberapa tips dan cara merawat bunga agar tidak layu. Selamat mencoba!

Jika anda sedang bingung mencari berbagai hadiah untuk saudara atau sahabat, Meme Florist menjadi jawaban untuk anda. Tersedia berbagai jenis buket bunga yang sangat cocok untuk hadiah kepada sahabat atau saudara.