Wiring Diagram Kubikal beserta Jenisnya

Salah satu dari sekian banyak perlengkapan listrik yang dibutuhkan dimana saja yaitu kubikel. Kubikel diartikan sebagai peralatan listrik yang mengubungkan, mengendalikan, serta membagi tenaga listrik dari sumber tenaga listriknya. Sebagai salah satu perlengkapan yang dibutuhkan oleh kelistrikan membuat kubikel memiliki beragam jenisnya. Disini akan dijelaskan empat jenis dari 10 wiring diagram kubikel yang ada dalam kebutuhan pelengkap sistem kelistrikan. Untuk itu, berikut kami akan menyampaikan penjelasan tentang wiring diagram kubikel beserta jenisnya untuk Anda.

4 Jenis Kubikel

Kubikel yang ada dalam kebutuhan kelistrikan mencakup peralatan dan kombinasi untuk melakukan kontrol terhadap pengukuran, perlindungan dan yang mengatur sumber tenaga listriknya. Peralatan atau komponen ini dirakit sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pemakainya dengan berbagai jenis yang ada. panel lvmdp dapat digunakan untuk pengendali saklar utama dan melindungi darim sirkuitnya juga. selain sebagai dua manfaat sebelumnya, kubikel juga dapat digunakan untuk melindungi sirkuit dan mengatur sirkuit kelistrikannya juga. Tak ada salahnya untuk menyimak beberapa pentingnya wiring diagram kubikal beserta jenis-jenisnya berikut ini.

1. Kubikel Bout Metering

Jenis kubikel pertama yang akan dibahas pada poin pertama yaitu kubikel bout metering. Kubikel ini digunakan untuk  menghubungkan dan memutus alur listrik. Dalam menghubungkan atau memutus aliran listrik dapat digunakan dalam keadaan normal ataupun sedang dalam gangguan. Kubikel ini dapat dipasang sebagai alat pembatas ukuran dan keamanan untuk pelanggan yang memiliki tegangan listrik menengah. Sebagai penghubung dan memutus arus listrik, kubikel jenis ini dapat kami rekomendasikan untuk Anda yang sedang mencari kubikel.

2. Kubikel Transformer Protection

Jenis dari kubikel selanjutnya yang dibahas disini adalah kubikel transformer protection. Kubikel jenis ini dapat dikatakan transformasi distribusi dan kubikel pemutus beban. Kubikel ini dilengkapi dengan fuse pengaman trafo denga ukuran 25 Ampere sampai 43 Ampere tergantung pada kapsitas trafo yang di proteksi. Ada dua jenis kubikel transformer protection yaitu jenis kubikel yang dilengkapi shunt trip dan kubikel yang tidak dilengkapi shunt trip. Kedua jenis ini berbeda karena fuse yang menggerakan mekanik kelistrikan memiliki fungsi berbeda.

3. Kubikel Potensial Transformer

Jenis dari  kubikel selanjutnyan yang akan dibahas disini adalah kubikel potensial transformer. Dalam kubikel jenis ini terdapat transformator tegangan yang dapat menurunkan tegangan menjadi 100 KV. Untuk menyalurkan tegangan saat kubikel ini digunakan dapat disebut juga kubikel perubah tegangan. Dengan adanya kubikel ini diupayakan kondisinya selalu dalam keadaan masuk dan segel. Hal ini dilakukan agar Anda memahami tentang tidak adanya gangguan hubung singkat. Jadi, jenis kubikel ini termasuk dalam banyak jenis diagram kubikel yang digunajan untuk kebutuhan kelistrikan.

4.  Kubikel Load Break Switch

Jenis kubikel selanjutnya yang dibahas disini adalah kubikel load break switch. Jenis kubikel ini memiliki fungsi sebagai pemutus dan penghubung arus listrik. Untuk memutus dan menghubungkan arus listrik dilengkapi dengan peredam busur api peredam ini melengkapi kubikel ini karena akan dioperasikan dalam keadaan yang berbeda yang dapat dipasang pada kabel input dan output arus listrik distribusi. Wiring diagram kubikel ini juga dilengkapi dengan saklar pentanahan yang berada didalam tabung atau diluar tabung sebagai menghambat arus listrik yang masuk ke tanah.

Begitulah penjelasan lengkap mengenai beberapa jenis dari wiring diagram kubikel yang bisa Anda jadikan referensi. Masih banyak jenis dari kubikel yang belum dapat dijelaskan pada artikel ini. Jadi pastikan Anda sudah memahami beberapa jenis dari diagram kubikel yang telah dijelaskan pada artikel ini. Semoga membantu.