Wisata Labuan Bajo Lokasi, Rute, Dan Harga Tiket

Paket wisata Labuan Bajo – Wisata Indonesia Timur sebetulnya kondang eskotis, tidak benar satunya Labuan Bajo. Destinasi hits yang berada di Nusa Tenggara Timur ini telah kondang gaungnya sampai ke level mancanegara.

Gak heran terkecuali nyaris tiap tiap harinya dipadati pengunjung dari berbagai penjuru. Kalau kamu merencanakan liburan ke sana juga, simak dulu Info wisata Labuan Bajo berikut, meliputi lokasi, rute, sampai kesibukan seru yang mampu dilakukan di sana.

1. Lokasi, jam operasional, harga

Lokasi: Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur

Jam operasional: tiap tiap hari 24 jam

Harga: gratis

2. Rute menuju Labuan Bajo

Ada tiga rute yang mampu kamu pilih, sesuai bersama transportasi yang kamu gunakan. Hal ini akan merubah bujet yang kamu siapkan. Berikut di antaranya.

Jalur darat

Dari Surabaya:
Kalau naik mobil pribadi dari Surabaya, maka kamu mesti berkendara sampai Pulau Bali. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Pulau Lombok sampai menuju Bima atau Sumbawa. Sesampainya di sana, melajulah ke Pelabuhan Sape dan naik kapal ke Labuan Bajo seharga Rp60-100 ribu per orang.

Beda lagi terkecuali naik bus. Dari Terminal Purabaya, naiklah bus ke Bali seharga Rp130-300 ribu, terkait kelas yang kamu pilih. Sesampainya di Bali, lanjutkan perjalanan ke Terminal Mataran Lombok bersama bus seharga Rp225-275 ribu.

Jika telah sampai di Lombok, lanjutkan perjalanan ke Bima atau Sumbawa. Harga busnya nyaris sama, yakni kurang lebih Rp100-200 ribu. Setelah itu, lanjutkan sampai ke Labuan Bajo bersama kapal.

Dari Bali:
Jika mengawali perjalanan dari Bali bersama mobil pribadi, kamu mesti menyeberang ke Pulau Lombok sampai ke Bima atau Sumbawa. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sape dan naik kapal ke Labuan Bajo, harganya Rp60-100 ribu per orang.

Kalau pilih naik bus, ambil jurusan Terminal Mataram Lombok seharga Rp225-275 ribu. Kemudian, lanjutkan perjalanan ke Bima atau Sumbawa. Harga tiketnya hanya Rp100-200 ribu. Jika telah sampai, lanjutkan ke Labuan Bajo bersama naik kapal.

Jalur laut:

Surabaya-Labuan Bajo

Nama kapal: KM Awu, KM Leuser, KM Niki Sejahtera, dan lain-lain.
Harga tiket: Rp160-335 ribu

Makassar-Labuan Bajo

Nama kapal: KM Leuser, KM Wilis, KM Binaiya, dan KM Tilongkabila
Harga tiket: Rp100-180 ribu

Jalur udara:

Surabaya-Labuan Bajo: Rp915 ribu
Jakarta-Labuan Bajo: Rp1,1 juta
Bali-Labuan Bajo: Rp662 ribu
Makassar-Labuan Bajo: Rp1,2 juta
Bandung-Labuan Bajo: Rp1,2 juta
Yogyakarta-Labuan Bajo: Rp1,4 juta
Semarang-Labuan Bajo: Rp1,5 juta

3. Beragam destinasi wisata eksotis ada di sini

Tak mesti khawatir akan suntuk selama di Labuan Bajo, karena berbagai destinasi wisatanya siap memanjakanmu. Salah satu yang paling kondang adalah Pulau Padar bersama pemandangannya yang amat eskotis.

Lanskap pulau mampu kamu melihat dari puncaknya. Banyak wisatawan yang berfoto dari ketinggian bersama latar danau yang dibatasi bersama perbukitan. Kalau datang pas musim hujan, suasananya akan nampak lebih asri dan hijau banget.

Selanjutnya, kamu mampu datang ke Pulau Rinca yang merupakan habitat para komodo. Pulau ini bahkan telah memperoleh pengakuan dari UNESCO sebagai tidak benar satu warisan dunia.

Kamu mampu berfoto dan melihat komodo secara segera di sini. Tentunya bersama ditemani tour guide. Kamu yang tengah haid tidak disarankan mendekat ke komodo, karena mereka sensitif bersama aroma darah.

Selain itu, Pulau Rinca termasuk dipenuhi banyak ragam pantai yang menawan. Kamu mesti datang ke lebih dari satu di antaranya, yakni Pantai Wae Rana, dan Pantai Pade.

Ada satu lagi pantai yang mesti masuk daftar kunjunganmu, Pantai Pink namanya. Sesuai namanya, pantai ini terlihat indah bersama warna pasirnya yang merah muda.

Kamu termasuk mampu snorkeling di sini. Berbagai macam koral dan biota laut menggemaskan mampu kamu temukan di bawah sana.

Selain bermain di pesisir, kamu termasuk mampu mendapatkan persawahan hijau di Labuan Bajo, yakni Sawah Lingko. Bentuk sawah ini amat unik bak sarang laba-laba di tengah sawah.

Hal ini karena langkah pengolaan lahan yang dilakukan sesuai adat. Kamu mampu mengunjunginya di Desa Cangar.

4. Tips yang mampu kamu terapkan

-Hindari datang pas musim liburan, karena akan amat ramai dan berbagai wisata pasti mulai penuh sesak, penginapan pun banyak yang penuh.

-Pilihlah penginapan murah yang berada dekat bersama berbagai daerah wisata. Kamu jadi lebih irit cost transportasi.

-Kalau menghabiskan banyak pas di bawah sinar matahari, memanfaatkan sunscreen, sehingga kulit tetap sehat dan gak belang.

-Kenakan pakaian yang nyaman dan tak amat tebal. Suasana dan udara di Labuan Bajo cenderung terik, jadi memanfaatkan pakaian berbahan tipis dan nyaman ya.

Selalu bawa tumbler dan air mineral ke mana pun kamu pergi, bahkan terkecuali aktivitasmu padat dan tetap di bawah matahari.

-Itulah Info lengkap seputar berlibur ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, mulai dari lokasi, rute, sampai berbagai kesibukan serunya.